Label

Minggu, 06 Mei 2012

Pengalihan Arus Malam Minggu


PONTIANAK-- Pengaturan lalu lintas  pada malam Minggu  di kota Pontianak diberlakukan sistim satu arah. Efektif penerapannya   mulai pukul 17. 00, Sabtu.  Karena itu masyarakat diimbau dapat mendukung pengalihan arus, demi meminimalisir kepadatan lalu lintas.
 Kepala Satuan Lalu Lintas Polresta Pontianak Komisaris Boy Samola, merinci, lokasi pemberlakuan sistim satu arah yakni untuk di Jalan Gajah Mada. Arahnya yakni dari Jalan Veteran hingga Agus Salim. “Dipersimpangan Jalan Gajah Mada-Agus Salim dipasang papan pemberitahuan pengubahan arus lalu lintas,” kata Boy.

Sementara arus kendaraan dari arah Jalan Patimura akan diarahkan ke Jalan Diponegoro maupun Agus Salim. Demikian pula dengan arus kendaraan dari  Jalan Agus Salim, langsung diarahkan ke Jalan Diponegoro atau Patimura.
Menurut Kasat pengalihan arus tidak berlaku untuk ruas jalan selain Gajah Mada. Penerapan sistim satu arah akan rutin diberlakukan setiap malam minggu. Langkah tersebut merupakan upaya mengurai kemacetan dan kepadatan lalu lintas di Kota Pontianak pada malam keramaian. 
Karena itu, Kasat mengimbau, pengendara dapat  menjaga ketertiban  berlalu lintas pada malam Minggu. Mengupayakan bersama agar tidak timbul kemacetan. Demi kelancaran lalu lintas dan kenyamanan masyarakat selaku pengguna jalan.
 “Hormati sesama pemakai jalan. Kepadatan lalu lintas perlu diantisipasi bersama. Jangan memarkir kendaraan di bahu jalan. Karena berpotensi memicu tumpukan kendaraan. Kita ingin arus lancar aman dan tertib,” kata Kasat.
Menurut dia, pengaturan lalu lintas akan menjadi langkah prioritas. Sejumlah personil akan ditempatkan  pada persimpangan dan titik keramaian, untuk  mengatur lalu lintas. Tetapi dukungan masyarakat sangat diharapkan. Yakni mentaati aturan saat berkendara.
 Kasat mengatakan, masyarakat perlu mempertimbangkan rute perjalanan pada malam Minggu. Sedapat mungkin menghindari lokasi padat lalu lintas. Supaya tidak terjebak kemacetan,  dan dapat memaklumi dengan adanya pengalihan arus lalu lintas. “Semua merupakan upaya demi kenyamanan bersama. Meminimalisir kepadatan dan kemacetan Kota Pontianak pada malam Minggu,” katanya. (stm)

Tidak ada komentar: